Senin, 22 Agustus 2016

MANGA BERLATAR SEJARAH SAMURAI

Masih ingatkah teman-teman dengan Anime Samurai Deeper Kyo(SDK)??? Kalau saya pribadi sangat ingat dengan anime yang satu ini. Dulu anime ini ditayangkan di Global TV pada sore hari. Ceritanya seputar sekumpulan orang yang ingin mengalahkan klan yang akan menguasai Jepang dengan cara yang tidak disukai oleh banyak orang. Saya takkan membahas animenya, karena menurut saya versi manganya jauh lebih bagus ketimbang versi animenya.
Komik SDK menceritakan tentang sekumpulan orang yang bertemu di perjalanan yang memiliki tujuan yang sama tapi dengan alasan yang berbeda-beda. Cerita dimulai ketika seorang pemburu hadiah bernama Yuuya Shina yang mencari pembunuh kakaknya. Ia bertemu dengan penjual obat keliling bernama Kyoshiro Mibu yang ternyata punya banyak rahasia di balik senyumnya yang polos. Di dalam tubuh Kyoshiro tersimpan roh seorang pembunuh 1000 samurai di pertempuran Sekigahara, yaitu Kyo “Si Mata Iblis”. Suatu ketika Kyo tiba-tiba muncul mengambil alih tubuh Kyoshiro dan mulai brutal mencari tubuhnya yang disembunyikan oleh klan Mibu di hutan Aokigahara. Maka dimulailah perjalanan Yuuya Shina yang tak pernah ia bayangkan sebelumnya. Maka dimulailah perjalanan Yuuya Shina bersama Kyo “Si Mata Iblis” yang tak pernah terbayangkan sebelumnya.
Yuuya Shina, semua berawal darinya
Untuk versi manga/komiknya, SDK punya 38 volume, ketimbang animenya yang Cuma ada 26 episode. SDK terbit dari tahun 1999 sampai 2006 dan pengarangnya adalah Kamijyo Akimine Salah satu hal yang saya sukai dari komik SDK adalah nuansa sejarahnya yang kental. Tak hanya modifikasi dari peristiwa sejarah yang ada, tapi juga beberapa tokohnya yang memang ada pada sejarah!!! Sebut saja, siapa yang gak tahu yang namanya Ieyasu Tokugawa? Seorang shogun sekaligus penguasa Jepang pada abad 16 yang memenangkan pertempuran Sekigahara? Atau sang penerus? Hidetada Tokugawa? Ada lagi yang lainnya seperti Yukimura Sanada, Izumo no Okuni, Oda Nobunaga dan banyak lagi lainnya. Hal ini menjadi satu nilai tambah pada komik itu sendiri.
SDK memiliki plot yang kompleks sehingga pembaca semakin penasaran dengan kelanjutan ceritanya. SDK juga memberikan satu kejadian sejarah terkenal yaitu perang Sekigahara. Selain itu juga ada banyak misteri-misteri pada karakter-karakter utama, bahkan klan Mibu yang dianggap sebagai klan antagonis juga punya misteri sendiri untuk dipecahkan. Tiap misteri yang terpecahkan akan membuat munculnya misteri lain yang akan mengungkapkan misteri lainnya yang belum terpecahkan (ribet nulisnya). Yang jelas, SDK membuat pembaca tidak akan bosan saat membacanya.
Karakter-karakter yang ditampilkan juga sangat menarik, baik dari segi gambar maupun dari sifat masing-masing karakter. Kamijyo selalu memberikan kesan tersendiri dari tiap karakter walaupun muncul sebentar atau mereka yang sebagai tokoh pendukung cerita. Bisa dibilang tiap karakter yang muncul benar-benar memiliki alasan untuk masuk ke dalam cerita ini. Walau Kamijyo menampilkan tokoh dalam sejarah, tapi ia mengemasnya dengan sangat menarik tanpa harus mengubah posisinya dalam sejarah yang sesungguhnya. Untuk segi gambar karakter menurut saya sangatlah khas ketimbang komik yang lain. Selain itu  tidak ada karakter yang kelihatan sama atau kembar, sehingga tidak menimbulkan kerancuan dalam menilai karakter.
Apa lagi yang anda tunggu??? Komik ini sangat layak untuk dibaca. Walaupun sudah agak lama, tapi bagi kalian yang menonton animenya gak ada salahnya juga membaca komiknya, karena jauh lebih menarik dari segi cerita dan gambarnya. Jadi, tunggu apa lagi???
COPY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar